Apa Itu Showreel

Buat kamu yang bekerja di dunia film, video, dan animasi wajib banget tau apa itu showreel. Biasanya showreel digunakan untuk mempromosikan diri kamu sebagai pekerja kreatif profesional, terutama saat melamar di perusahaan atau mendapatkan klien baru.  Tentunya mereka ingin melihat apa saja yang sudah pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Showreel adalah video yang berisi potongan pendek dari beberapa video yang diedit menjadi satu file. Video yang digunakan adalah kumpulan dari hasil karya yang pernah kamu kerjakan. Untuk durasi tidak ada aturan baku, tapi biasanya sekitar 1-3 menit. Jika terlalu lama, malah jadi tidak efektif dan membosankan. Bagus tidaknya sebuah showreel tergantung dari apa saja yang kamu masukkan di dalamnya dan siapa target sasaranmu. Nah manfaatnya apa aja sih? Yuk kita simak :

  1. Rangkuman karya yang pernah kamu buat
  2. Memperlihatkan skill dalam durasi cukup singkat
  3. Salah satu cara personal branding selain CV
  4. Rekaman pencapaian kamu dalam periode waktu tertentu

Cek disini untuk contoh showreel :

https://www.youtube.com/watch?time_continue=28&v=7ESaAf3-EbI&feature=emb_logo

Source : Youtube - ste.krenn

Beberapa tips dalam membuat showreel :

1. Efisiensi durasi video

Satu ini sangat perlu dipertimbangkan. Di tengah kegiatan yang padat, klien pasti tidak betah jika harus berlama-lama melihat video showreelmu, apalagi jika sampai 30 menit. 1-3 menit sangat ideal, tidak terlalu cepat atau terlalu lama.

2. Isi video

Pasti bingung ya memasukkan banyak karya ke dalam satu video singkat. Kamu dapat memilih video dengan jenis yang berbeda-beda sehingga tidak ada pengulangan jenis video yang sama. Selain itu beri kejutan di awal sampai akhir untuk menarik perhatian langsung sehingga mereka tertarik untuk nonton sampai habis. Jangan simpan klip andalanmu di bagian akhir.