Apa Itu Ink Photography?

Mungkin Sobat KEE pernah liat jenis fotografi yang satu ini.. Yup! Ink photography adalah jenis fotografi yang meggunakan tinta sebagai subjek utama. Caranya adalah dengan menggabungkan tinta ke dalam air di akuarium. Kamu bisa membuat foto atau video, tinggal pilih mana yang lebih kamu suka.

Alat dan bahan untuk pemotretan :

  • Kamera
  • Tripod
  • Lighting
  • Meja
  • Backdrop foto (Kain. kertas polos)
  • Acrylic ink
  • Air bening
  • Jarum suntik
  • Kaca akuarium, silikon akuarium, lakban, penggaris (Jika kamu tidak memiliki akuarium)

Cara membuat :

1. Membuat akuarium (Untuk kamu yang belum memiliki akuarium)

Ukuran akuarium yang dibuat tidak terlalu besar sekitar 30x20x20 cm cukup, kurang lebih satu ember air cukup mengisi akuarium sampai penuh. Untuk merekatkan masing-masing bidang kaca kamu bisa menggunakan silikon akuarium. Hati-hati saat pengeleman jangan sampai jatuh dan pecah. Diamkan sampai silikon mengering dan siap dipakai.

Source : instructables.com

2. Isi akuarium dengan air bening

Isi akuarium dengan air bening sampai hampir penuh supaya tinta tidak langsung sampai ke dasar akuarium ketika disuntikkan.

3. Siapkan set foto

Ga susah kog untuk buat studio ala-ala di rumahmu. Kamu cukup mengatur meja, letakkan akuarium di atasnya. Pasang backdrop foto persis di belakang akuarium. Kamu dapat menggunakan backdrop sesuai dengan keinginan, disarankan sebaiknya menggunakan kertas polos. Kamu bisa menggunakan kertas art paper untuk warna putih, dan kertas linen untuk warna hitam.

Source : Unplug Production

4. Siapkan kamera dan lighting

Pasang kamera dan tripod di depan akuarium. Atur pencahayaan sehingga tinta bisa terlihat dengan jelas, jangan lupa melihat layar LCD untuk memastikan apakah pencahayaannya sudah cukup.

5. Masukkan acrylic ink ke alat suntik

Suntikan dapat memberikan tekanan saat menuangkan tinta ke dalam air sehingga menggumpal dna membentuk seperti awan. Biasanya dalam satu kali pemotretan bisa menggunakan beberapa warna. Perlu diingat untuk menggunakan 1 suntikan untuk 1 warna.

Source : jetpens.com

5. Mulai pemotretan

Kamu bisa meminta bantuan temanmu untuk menyuntikkan tinta ke dalam akuarium sehingga kamu dapat fokus pada kamera. Perlu banyak mencoba dan latihan, agak susah jika kamu hanya mau sekali coba langsung jadi. Cek dari hasil foto pertama dan pelajari kekurangan apa saja yang bisa kamu perbaiki berikutnya.

Source : experimentwithnature.com