Alasan Kamera Leica Dibanderol Mahal

Pastinya Sobat KEE pada tau ya kalo kamera Leica harganya selangit. Tapi kenapa sih emang sampe perlu dibanderol dengan harga yang fantastis?

Pertama-tama kamu perlu tau bahwa kamera Leica merupakan kamera premium dengan kualitas tinggi, dan dengan jumlah produksi terbatas. Leica tidak hanya mengejar pasar yang besar tetapi fokus pada produk high-end yang unik dengan teknologi mutakhir. Seperti tahun 2016, Leica hanya menjual sekitar 100ribu kamera saja.

Misalnya pada kamera Leica SL, kamera mirrorless ini dilengkapi dengan jendela bidik yang sangat besar dengan resolusi 4.4 juta titik. Sedangkan biasanya pada kamera mirrorless biasa hanya sekitar 2 juta titik saja. Selain itu, kamera ini sudah dilengkapi dengan layar touch screen dan casing dari logam sehingga tahan air dan debu.

Untuk kebanyakan merek kamera lainnya, diciptakan untuk masa yang pendek, hanya sekitar 2-4 tahun. Sedangkan Leica mementingkan masa kamera yang panjang, setidaknya untuk 20 tahun ke depan. Kamu masih dapat menggunakan lensa Leica buatan tahun 1950-an kalau disimpan dan dirawat dengan baik. Bahkan Leica masih menjual dan melayani pengguna kamera film Leica!

Selain mementingkan kualitas tinggi dalam produknya, Leica juga tetap mementingkan elemen manusia dalam produksinya. Saat ini komponen elektroniknya dibuat dengan mesin, sedangkan untuk quality control dan finishing tetap dilakukan oleh staf ahli yang berpengalaman.

Leica selalu berusaha membuat produk yang unik dalam menghadapi persaingan di pasaran, seperti sistem kamera Leica M dimana jenis ini merupakan kamera yang memiliki jendela bidik yang luas dengan sensor full frame 36x24mm yang dikemas dalam desain bodi yang compact dibandingkan dengan jenis-jenis kamera lain yang ada di pasaran.

 

Leica memiliki pasarnya sendiri dan tidak akan mengejar jumlah pasar yang besar seperti merek kamera lainnya. Leica juga tidak akan kompromi dengan memproduksi kamera kualitas rendah untuk dijual dengan harga murah karena hal tersebut akan berpengaruh pada reputasi Leica yang selama ini sudah dibangun dengan baik.

Jadi buat Sobat KEE semua, udah tau kan kenapa kamera ini dibanderol dengan harga yang cukup buat mulut menganga..?