AE Lock Pada Kamera Nikon

Kemarin kita telah membahas Auto Eksposure Lock pada kamera Canon. Untuk Nikon, ada sedikit perbedaan. Tombol ini berlabel AE-L / AF-L yang berfungsi untuk mengunci eksposure pada Canon, juga sekaligus sebagai Autofocus-Lock.

Ada beberapa macam pilihan untuk mengontrol tombol ini yang berbeda-beda pada tiap kamera tergantung dari jenis kameranya. Misalnya pada jenis Nikon untuk pemula D3100 hanya terdapat 5 pilihan : AF/AE Lock, AE Lock only, AF Lock only, AE lock (hold) dan AF-ON. Sedangkan pada kamera Nikon yang lebih pro, D300s memiliki semua pilihan di atas sekaligus dengan penambahan 12 pilihan lainnya. Kamu dapat melihat berbagai macam jenis-jenis AE-L / AF-L pada bagian menu, Custom setting menu > Controls > Assign AE-L/AF-L button (Pada Nikon D5000, D5100, D90, D7000, D300s, D700, D3s dan D3x). Pada Nikon D3100 kamu dapat membuka Setup menu > Buttons.

AE / AF Lock : Berguna untuk mengunci eksposure dan fokus pada lensa. Fitur ini aktif jika kamu menahan tombol AE-L / AF-L.

AE lock only : berfungsi untuk mengunci eksposure, fokus dapat berubah ketika kamu mengubah komposisi. Fitur ini aktif jika kamu menahan tombol AE-L / AF-L.

AE lock (Reset on release) : Fungsinya sama, untuk mengunci eksposure tetapi pada mode ini kamu hanya cukup menekan tombol sekali tanpa perlu menahan. Eksposure tetap terkunci sampai kamu selesai memotret.

AE lock (Hold) : Memiliki fungsi yang sama pada pilihan di atas hanya eksposure akan terus terkunci setelah tombol ditekan. Lock akan otomatis hilang jika kamera dimatikan untuk beberapa waktu yang telah diatur pada Auto Delay Meter Off. Selain itu kamu juga dapat menekan tombol kembali untuk menghilangkan fungsi ini.

AF lock only : Hanya berfungsi untuk mengunci fokus dan kamu harus menahan tombol tersebut.

AF-ON : Berfungsi untuk mengunci fokus. Tetapi pilihan ini tidak tersedia pada beberapa kamera Nikon sehingga fitur ini dimasukkan ke bagian pengaturan AE-L / AF-L.

Jika kamu menekan tombol AE-L / AF-L dan menggunakan salah satu mode AE, akan muncul indikator AE-L pada viewfinder. Tetapi indikator ini tidak muncul jika kamu menggunakan mode AF lock only.