AE Lock Pada Kamera Canon

AE Lock adalah singkatan dari Auto Exposure Lock yang berfungsi untuk mengunci eksposure pada kamera. Jika kita menggunakan mode auto maka eksposure akan berubah ubah tergantung pada metering pada objek. Selain itu dapat dipengaruhi oleh pencahayaan yang tidak stabil dan berubah-ubah. Hal ini akan sangat mengganggu ketika kamu mau mengambil beberapa foto sekaligus untuk panorama dan focus stacking.

Fitur ini dimiliki oleh semua kamera Canon EOS dan Canon PowerShot yang ditandai dengan ikon bintang (*).

AE Lock tidak berfungsi pada mode manual, hanya pada mode program (P), shutter priority (Tv), aperture priority (Av) dan mode A-DEP. Jika fitur AE Lock menyala, maka akan ada tanda bintang pada kamera seperti di bawah ini.

Setelah kamu menentukan eksposure yang akan kamu gunakan, kamu dapat menekan tombol AE Lock sehingga eksposure akan terkunci. Kamu dapat mencoba menggeser fokus pada objek dan kamu akan mendapatkan eksposure yang sama. Fitur ini hanya bertahan selama beberapa detik saja. Jika ikon bintang hilang, berarti fitur AE Lock sudah tidka berfungsi lagi dan kamu perlu untuk mengatur ulang. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini dalam waktu yang agak lama, kamu dapat menekan terus menerus sampai selesai memotret.

Ada tips untuk kamu yang ingin menggunakan fitur ini dalam jangka waktu yang lumayan lama, hingga 30 menit. Tetapi hanya dapat digunakan pada live view shooting, tidak dapat menggunakan mode viewfinder shooting.

1. Kamu dapat mengklik  tombol menu.

Source : https://support-my.canon-asia.com/contents/MY/EN/8202214500.html

2. Klik tombol "Q" pilih ikon kamera

3. Putar roda pada bagian kanan atas kamera, pilih kotak-kotak putih 

4. Putar bulatan pada bagian bawah kamera, pilih Metering Timer, kemudian klik SET

5. Pilih waktu yang kamu inginkan, klik SET

6. Tekan tombol shutter 1/2 untuk mendapatkan fokus pada objek, kemudian tekan ikon bintang, maka AE Lock akan bekerja sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan.

Jika kamu ingin menghilangkan fungsi AE Lock ini, kamu dapat merubah ISO dan eksposure akan kembali ssperti semula. Jika kamu menekan tombol AE Lock terus kamu dapat melepasnya dan tunggu dekitar 4-6 detik sampai ikon bintang hilang. Selain itu kamu dapat menekan tombol AF Point yang berada di samping tombol AE lock.

Yang perlu kamu ketahui jika kamu menggunakan auto fokus mode AF One Shot dan mode metering evaluative, kamu cukup menekan shutter 1/2 (tidak full), maka eksposure akan terkunci secara otomatis tanpa harus menekan tombol AE lock. Tetapi yang perlu diingat fitur ini akan kamu dapatkan jika menggunakan mode autofokus dan metering tersebut, tidak berlaku untuk mode lainnya.