5 Latihan yang Membuat Kamu Lebih Jago

Mungkin kita ga sampai jadi fotografer yang sempurna tapi kamu pasti mau jadi fotografer yang terus berkembang dan menjadi lebih jago kan.. Beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk membuat kamu lebih jago :

1. Berlatih menggunakan spot meter

Pada kamera keluaran terbaru biasanya sistem meteringnya udah pada canggih dan bisa diandalkan pada kondisi cahaya standar, sedangkan pada kondisi cahaya yang kurang biasanya metering suka tidak bekerja sesuai harapan. Maka akan lebih baik kalau kita menguasai cara penggunaan spot meter kamera sehingga terbiasa dan tau harus meletakkan titik meter dimana pada kondisi cahaya tertentu sebelum mengatur komposisi.

Photo by : Ken Davis

2. Latihan membaca histogram

Lewat histogram kamu bisa melihat semua informasi cahay pada fotomu. Jika kamu menggunakan kamera mirrorless yang dilengkapi dengan viewfinder elektronik, kamu bisa melihat histogram sebelum memencet shutter. Semakin gelap fotomu, grafiknya akan condong ke kiri, semakin terang fotomu grafik akan condong ke kanan.

3. Sering pakai lensa prime

Dengan menggunakan lensa prime bisa melatih kreatifitas kita karena kamu harus bergerak mendekat dan menjauh untuk mendapatkan komposisi yang diinginkan.

4. Menggunakan mode manual

Menggunakan mode aperture dan shutter priority sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Tapi tidak ada salahnya berlatih mode manual untuk menambah kepekaanmu kan.. Biasanya fotografer yang menggunakan mode manual lebih handal dan dapat mengatasi berbagai macam kondisi dalam waktu yang cukup singkat.

Photo by : Andrew Birch

5. Buat komitmen untuk mengupload foto setiap hari

Dengan membuat komitmen, kamu serasa dipacu untuk melatih kepekaan dalam melihat suatu subjek yang menarik dan kamu juga bisa melakukan eksperimen yang belum pernah dicoba sebelumnya.