3 Titik Pencahayaan

Dalam dunia fotografi cahaya merupakan elemen yang terpenting karena kalo ga ada cahaya ya gelap gaes, ga kelihatan apa-apa. Nah kamu udah pada tau belum kalo ada 3 titik pencahayaan dalam fotografi. Apa aja sih?

1. Key light

Key light biasanya juga dikenal dengan sumber cahaya utama. Kalau kamu di dalem ruangan, biasanya cahaya ini adalah cahaya yang menggantikan cahaya matahari. Kamu bisa menempatkan key light pada satu sisi yang ingin diterangi sesuai dengan kebutuhan dan konsep yang kamu inginkan.

2. Fill light

Fill light adalah cahaya yang digunakan untuk melengkapi key light. Dengan penggunaan fill light yang benar, dapat membuat subjekmu lebih terlihat dan fill light ini juga bisa melembutkan cahaya dari key light loh Sobat KEE.. Biasanya fill light ini ditempatkan pada arah berlawanan dari cahaya utama/ key light. Seperti pada foto di bawah ini. Cahaya utama berada pada belakang subjek dan ditambahkan fill light pada bagian depan subjek sehingga detail wajah tetap terlihat.

3. Back light

Namanya back light biasanya berada di belakang subjek pastinya ya. Gunanya untuk melengkapi key light dan menciptakan garis terang di sekitar subjek. Selain itu penggunaan back light dapat memberikan kesan 3 dimensi pada subjekmu.