Mengenal Focal Length Pada Fotografi

Focal length adalah kemampuan lensa dalam melihat dan mengambil suatu peristiwa. Biasanya focal length ditulis dalam satuan mm, 22mm, 50 mm. Semakin pendek focal length, semakin jauh jarak peristiwa dari lensa, semakin luas peristiwa yang dapat dilihat oleh lensa. Sebaliknya, semakin panjang focal length, semakin dekat peristiwa dari lensa, tetapi semakin sempit peristiwa yang dapat dilihat oleh lensa.

Source : pricebook.com

Setiap gambar menunjukkan focal length yang berbeda-beda. Semakin kecil angka focal length, jarak objek semakin jauh, tetapi semakin lebar peristiwa yang bisa diambil, demikian sebaliknya.

Pada jenis lensa zoom terdapat beberapa focal length yang bisa kamu gunakan dalam satu lensa. Misalnya pada lensa kit 18-55mm, kamu dapat menggunakan focal length pada 18mm hingga 55mm. Proses perpindahan focal length dari pendek ke panjang disebut dengan zoom in, sedangkan dari panjang ke pendek disebut zoom out. Jika lensa hanya memiliki 1 panjang focal length, maka disebut dengan lensa prime/lensa fix.

Lensa dengan focal length pendek dikategorikan dalam lensa wide, sedangkan lensa dengan focal length panjang disebut dengan lensa tele.

Panjang focal length berpengaruh terhadap aperture, fokus, dan intensitas blur. mari kita bahas sama-sama, apa aja sih pengaruhnya..

1. Pengaruh focal length pada aperture

Jika focal length berubah, maka aperture ikut berubah. Misal pada lensa Canon 18-55mm, f/3.5-5.6 IS STM, jika kamu menggunakan focal length 18mm, maka aperture maksimal yang dapat kamu gunakan adalah f/3.5, tetapi jika kamu menggunakan focal length 55mm, maka aperture maksimal yang dapat kamu gunakan menjadi f/5.6. Cara kerja aperture yang berubah-ubah ini disebut aperture variable. Tetapi ada juga lensa yang memiliki aperture tunggal yang tidak berubah aperturenya ketika terjadi pergantian focal length yang disebut dengan aperture fixed/ aperture constant, misalnya pada lensa Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM Art.

2. Pengaruh focal length pada fokus

Ada 2 jenis lensa, varifocal dan parfocal. Bedanya jika varifocal, ketika kamu sudah mengunci fokus pada focal length 35mm, dan kemudian merubah menjadi focal length 100mm, maka fokus yang sudah dikunci tadi menjadi tidak fokus dan kamu harus menyesuaikan fokus lagi. Tetapi pada lensa parfocal, kamu tidak perlu menyesuaikan fokus lagi ketika kamu mengganti focal length pada lensa.

3. Pengaruh focal length pada intensitas blur

Intensitas blur pada foto (background dan foreground) dapat dipengaruhi oleh focal length. Semakin panjang focal length, semakin besar blur yang dihasilkan oleh lensa, demikian sebaliknya.