Jenis Shot Dalam Pengambilan Gambar (Part 2)

8. Cut-in (CI)

Tipe shot ini diambil khusus untuk menunjukkan beberapa bagian subjek secara detail. Fungsinya untuk menekankan emosi subjek seperti gerakan tangan, kaki atau yang lainnya sehingga memperlihatkan antusiasme atau kegelisahan yang dialami subjek.

9. Cutaway (CA)

Cutaway juga digunakan untuk mendukung emosi yang ditunjukkan subjek tetapi melalui subjek yang berbeda seperti hewan peliharaan subjek atau mobil atau benda lainnya. Cutaway shot dapat digunakan untuk menambah informasi tentang suatu adegan juga untuk memperkuat suasana.

10. Two shot

Two shot biasanya menampilkan dua orang dalam satu frame yang digunakan untuk membangun hubungan antara subjek satu dengan lainnya, dan dapat saling berinteraksi. Tipe ini sering digunakan ketika mengambil gambar dua presenter yang sedang membawakan acara.

11. Over shoulder shot (OSS)

Tipe shot ini biasanya dilakukan untuk kondisi dua subjek tetapi pengambilan gambar dilakukan dari balik bahu salah satu subjeknya. Orang yang sedang berinteraksi dengan subjek pertama biasanya menempati 1/3 frame. Tipe ini banyak digunakan untuk adegan percakapan.

Source : https://studioantelope.com/

12. Noddy shot / Reverse shot

Noddy shot merupakan kebalikan dari over shoulder shot, memperlihatkan respon dan reaksi subjek satunya dalam pengambilan gambar over shoulder shot.

13. Point of view shot (POV)

Point of view biasanya memperlihatkan sesuatu dari sudut pandang subjek. Kamera berfungsi sebagai mata subjek.

14. Weather shot

Weather shot berfungsi untuk menggambarkan kondisi cuaca saat adegan berlangsung. Biasanya juga dapat mewakili suasana hati subjek.