8 Teknik Fotografi 

Yang Wajib Dipelajari

Dalam fotografi, ada beberapa teknik yang bisa kamu pelajari untuk menghasilkan foto menakjubkan dengan menangkap momen yang tepat. Apa saja teknik fotografi yang biasa digunakan? Simak di postingan ini yuk.

1. Teknik Macro

Teknik Macro digunakan untuk memotret objek berukuran kecil dalam jarak yang sangat dekat, sehingga membuat objek terlihat lebih besar dan memperlihatkan detail yang tinggi. Beberapa objek foto yang menggunakan teknik ini adalah serangga, bunga, daun, dan benda kecil lainnya.

2. Teknik Zooming

Zooming adalah teknik pemotretan untuk memperoleh hasil foto dengan kesan objek mendekat atau menjauhi kamera sehingga menghasilkan gambar yang memiliki kesan bergerak dengan cepat. 

3. Teknik Freezing

Teknik ini memungkinkan kita memotret pada sebuah objek yang sedang bergerak dengan seolah-olah hasil foto kita bisa menghentikan objek yang bergerak.

4. Teknik Siluet

Teknik siluet digunakan untuk memotret objek yang menutupi cahaya. Kunci utama dari foto siluet adalah objek foto harus benar-benar terlihat hitam dan tak ada sedikit cahaya pun yang menerobos masuk.

5. Teknik Panning 

Teknik Panning membuat objek bergerak menjadi terlihat tajam dan background terlihat kabur. Teknik ini biasa digunakan dalam sport photography atau wildlife photography yang bertujuan untuk menangkap pergerakan objek yang cepat.

6.Teknik Bulb

Teknik Bulb adalah teknik fotografi yang fokus pada elemen cahaya yang dihasilkan oleh subjek di foto. 

7. Field of view

Field of View adalah melihat objek dari ukuran jarak lensa ke objek. Beberapa jenis field of view yang biasa digunakan adalah Extreme Close Up, Head Shot, Close Up, Medium Close Up, Mid Shot, Medium Shot, Full Shot, dan Long Shot.

8. Sudut pengambilan gambar

Sudut pengambilan gambar digunakan pada saat memotret dengan melihat sudut pandang atau posisi kamera terhadap objek yang akan dipotret.

Konten Lainnya

Jenis Fotografi Jurnalistik (Part 2)
Jenis Fotografi  Jurnalistik (Part 2) 6. Sport Photo  Seperti namanya, jenis foto ini menangkap sebuah peristiwa dalam dunia olah raga....
Ikuti 3 Tips Ini Agar Video Sinematikmu Semakin Apik
Ikuti 3 Tips Ini Agar Video Sinematikmu Semakin Apik Pernahkah kamu menonton sebuah video yang terlihat seperti sebuah film, padahal...
Jenis Fotografi Jurnalistik (Part 1)
Jenis Fotografi  Jurnalistik (Part 1) Tak sekadar memotret, fotografi jurnalistik menyampaikan sebuah cerita mengenai suatu fenomena melalui foto. Fotografi jurnalistik...
Sunday,Monday,Tuesday,Wednesday,Thursday,Friday,Saturday
January,February,March,April,May,June,July,August,September,October,November,December
Not enough items available. Only [max] left.