5 Tips Komposisi 

Foto Landscape

Memotret landscape adalah salah satu cara paling ideal untuk melatih kemampuan komposisi. Keheningan alam membuat kamu lebih fokus berkreasi dalam mengabadikan momen dan menangkap semua elemen dalam suatu susunan visual yang menarik. Berikut beberapa tips komposisi untuk fotografi landscape yang bisa kamu coba.

1. Gunakan komposisi Rule of Third

Pada dasarnya, prinsip rule of thirds adalah membagi bidang foto kamera menjadi tiga bagian sama besar, baik vertikal maupun horizontal dan menempatkan obyek di antara garis vertikal atau horisontal, bukan tepat di tengah gambar. Komposisi ini bisa membantu kamu memutuskan di mana harus menempatkan cakrawala, contohnya memposisikan di garis horizontal atas atau bawah.

2. Kurangi objek yang mengganggu

Terkadang tanpa kita sadari, kita memasukkan objek yang tidak perlu ke dalam frame. Hal kecil seperti ini tentu saja bisa mengganggu mata untuk berfokus pada komposisi yang kita foto.

3. Gunakan komposisi Leading Lines

Menggunakan leading lines adalah cara efektif untuk menarik mata ke dalam frame foto. Beberapa elemen seperti jalan, sungai, dermaga, jalur kereta api, pagar, bebatuan, dan air terjun adalah beberapa elemen yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan leading lines yang kuat.

4. Memanfaatkan lensa tele

Tidak punya lensa ultra-wide? Tidak masalah sob. Banyak juga fotografer yang menggunakan lensa tele 70-200 untuk memotret foto landscape yang keren. Jangan lupa juga untuk terus berlatih komposisi ya.

5. Manfaatkan reflektor alami

Reflektor yang tepat akan membantu menyempurnakan foto landscape-mu sob. Beberapa reflektor alami yang bisa kamu manfaatkan adalah permukaan air, awan, bukit, atau formasi batuan.

Konten Lainnya

Jenis Fotografi Jurnalistik (Part 2)
Jenis Fotografi  Jurnalistik (Part 2) 6. Sport Photo  Seperti namanya, jenis foto ini menangkap sebuah peristiwa dalam dunia olah raga....
Ikuti 3 Tips Ini Agar Video Sinematikmu Semakin Apik
Ikuti 3 Tips Ini Agar Video Sinematikmu Semakin Apik Pernahkah kamu menonton sebuah video yang terlihat seperti sebuah film, padahal...
Jenis Fotografi Jurnalistik (Part 1)
Jenis Fotografi  Jurnalistik (Part 1) Tak sekadar memotret, fotografi jurnalistik menyampaikan sebuah cerita mengenai suatu fenomena melalui foto. Fotografi jurnalistik...
Sunday,Monday,Tuesday,Wednesday,Thursday,Friday,Saturday
January,February,March,April,May,June,July,August,September,October,November,December
Not enough items available. Only [max] left.